collection agency jakarta

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Debt Collection Agency Jakarta

Apabila kamu adalah perusahaan yang sering memberikan kredit kepada konsumen atau memberikan tempo pembayaran setelah tagihan atau invoice dikirimkan, maka salah satu tantangan besar perusahaan adalah untuk memastikan konsumen untuk membayarkan kewajibannya secara tepat waktu. Semakin banyak perusahaan memberikan kredit atau waktu pembayaran, maka semakin besar pula peluang perusahaan memiliki piutang-piutang macet dari konsumen nakal, untuk itu jasa Collection Agency Jakarta sangat diperlukan.

 

Namun apabila cara-cara maksimal tersebut sudah dilakukan tetapi piutang tetap tidak terbayarkan, maka mungkin perusahaan akan mulai memikirkan cara lebih lanjut untuk memaksimalkan penagihan kepada konsumen nakal. Salah satunya adalah dengan menggunakan pihak ketiga yang membantu perusahaan untuk menagihkan piutangnya. 

Jika perusahaan berlokasi di Jakarta atau memiliki konsumen-konsumen di Jakarta, maka salah satu pilihannya adalah Debt Collection Agency Jakarta. Tapi sebelum perusahaan memilih Debt Collection Agency Jakarta, pastikan perusahaan mempertimbangkan hal-hal di bawah ini. 

 

Tidak Ada Yang Bisa Menjamin Piutang Pasti Tertagih

Ada banyak cara suatu Debt Collection Agency Jakarta meyakinkan perusahaan dalam menggunakan jasa mereka. Salah satu yang seringkali kali dilakukan adalah dengan memberikan jaminan bahwa dengan jasa mereka piutang pasti akan tertagih. 

Tentu hal tersebut sangat melegakan buat perusahaan bukan ?! Namun demikian jaminan tersebut pastilah tidak benar, karena pada kenyataannya tidak ada satu pihak pun yang dapat menjamin pembayaran piutang tersebut, kecuali konsumen itu sendiri. Jaminan ini hanyalah merupakan trik atau gimmick belaka agar perusahaan menggunakan jasa mereka. 

Debt Collection Agency Jakarta pastilah akan membantu perusahaan untuk menagihkan piutang perusahaan kepada konsumen dengan cara-cara beragam dari ringan, sedang maupun keras. Tapi cara penagihan yang digunakan hanyalah merupakan salah satu faktor yang menentukan dibayar atau tidak dibayarkan suatu piutang oleh konsumen. 

 

Ada banyak faktor-faktor lain sebenarnya yang menentukan pembayaran kewajiban konsumen kepada perusahaan, yang mungkin di luar kendali perusahaan maupun Debt Collection Agency Jakarta. Misalnya faktor itikad konsumen sendiri yang tidak jarang memiliki itikad buruk atau nakal. Faktor lain misalnya kemampuan konsumen atau usaha konsumen itu sendiri. Jika penagihan dilakukan pada saat usaha konsumen atau finansial konsumen sedang benar-benar terpuruk dan tidak ada uang, maka apapun cara yang digunakan untuk melakukan penagihan oleh Debt Collection Agency Jakarta, kecil kemungkinan konsumen tersebut membayarkan kewajibannya secara seketika dan sekaligus. 

Oleh karena berhati-hatilah jika ada Debt Collection Agency Jakarta yang berani menjanjikan keberhasilan. Jangan sampai perusahaan yang sudah rugi karena konsumen tidak membayar, menjadi tambah rugi karena ulah oknum-oknum memanfaatkan keadaan dengan tidak jujur. 

 

Pastikan Cara Penagihan Yang Digunakan Tidak Melanggar Hukum 

 

Mungkin perusahaan memiliki banyak pilihan Debt Collection Agency Jakarta. Masing-masing agency pastilah juga memiliki strategi dan cara-cara untuk melakukan pendekatan dan penagihan kepada konsumen. Ada beberapa Debt Collection Agency Jakarta yang mengandalkan collection call (penagihan melalui telepon) sebagai cara penagihan utamanya, atau ada pula yang menggunakan korespondensi (surat menyurat) bahkan sampai tidak jarang pula Debt Collection Agency mendatangi langsung tempat usaha atau tempat kediaman dari konsumen. 

Namun apapun strategi dan cara yang digunakan oleh Debt Collection Agency Jakarta, pastikan Debt Collection Agency Jakarta tidak melakukan dan menggunakan cara-cara atau tindakan-tindakan yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku. Ada banyak contoh kasus dimana oknum Debt Collection Agency Jakarta menggunakan cara dan tindakan yang tidak etis dan melanggar hukum, seperti :

 

  • Melakukan pencemaran nama baik kepada konsumen baik dilakukan secara langsung maupun melalui media sosial. Contoh teriak dengan maki-makian di depan rumah atau kantor konsumen, ataupun menyebarkan berita buruk tentang konsumen di media sosial
  • Melakukan ancaman kekerasan kepada konsumen, baik secara langsung maupun melalui alat komunikasi lain seperti telepon, whatsapp, pesan maupun email. Contoh : mengancam melakukan pemukulan, penculikan bahkan pembunuhan atau tindakan-tindakan lain yang tidak etis
  • Mengambil barang milik konsumen secara paksa, seperti kendaraan, perhiasan atau barang-barang berharga lainnya milik konsumen. Apabila pengambilan ini dilakukan tanpa persetujuan konsumen, maka hal ini berpotensi menjadi tindak pidana pencurian ataupun perampasan. 
  • Melakukan intimidasi berlebihan kepada konsumen, misalnya dengan mendatangkan sekelompok orang ke rumah atau tempat usaha konsumen di luar jam-jam yang wajar dengan maksud memberikan tekanan psikis yang berlebih kepada konsumen.  

 

Meskipun perusahaan bisa mengelak dengan memberikan alasan bahwa perusahaan tidak pernah memerintahkan hal-hal di atas, namun ingatlah bahwa ketika perusahaan memberikan kuasa kepada Debt Collection Agency Jakarta, maka Debt Collection Agency akan bertindak untuk dan atas nama perusahaan sehingga langsung maupun tidak langsung seluruh tindakan Debt Collection Agency akan menimbulkan resiko hukum bagi perusahaan. 

Selain itu tindakan tersebut juga pasti akan merugikan nama baik perusahaan yang telah dibangun secara susah payah dan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu pastikan secara benar Debt Collection Agency Jakarta selalu menggunakan cara dan tindakan yang professional, etis dan legal dalam melakukan penagihan piutang. 

 

Debt Collection Agency Jakarta Wajib Memiliki Rekam Jejak Yang Jelas

Ketika kita berbicara mengenai penagihan piutang, maka kita berbicara mengenai hal yang sangat sensitif dan sangat krusial untuk perusahaan. Alih-alih perusahaan terbantu mendapatkan kembali piutangnya, bisa jadi perusahaan malah mengalami kerugian yang jauh lebih besar jika salah menentukan Debt Collection Agency Jakarta yang tepat dan bisa dipercaya. Tidak jarang ada oknum-oknum tertentu yang justru membawa lari atau mengambil secara sepihak uang dari konsumen tanpa disetorkan kepada perusahaan. 

Oleh karena itu, ketika perusahaan memutuskan untuk bekerjasama atau menunjuk Debt Collection Agency untuk membantu perusahaan dalam melakukan penagihan piutang, pastikan pihak tersebut memiliki rekam jejak yang tidak diragukan dan benar-benar jelas. Ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan dalam memeriksa rekam jejak Debt Collection Agency:

 

1. Izin Professional

Pastikan Debt Collection Agency Jakarta memiliki ijin yang jelas dan masih berlaku untuk melakukan penagihan piutang professional. Jauh lebih baik apabila pihak tersebut merupakan lawyer atau advokat, sehingga dipastikan cara-cara yang digunakan adalah legal dan aman. 

 

2. Pengalaman

Pastikan Debt Collection Agency Jakarta memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi dalam melakukan penagihan piutang. Hasil maksimal dalam penagihan hanya didapat berdasarkan pengalaman yang nyata. 

 

3. Jumlah perkara yang pernah ditangani

Pastikan jumlah perkara yang ditangani oleh Debt Collection Agency adalah banyak. Semakin banyak jumlah perkara yang telah ditangani, maka semakin banyak pula pengalaman, pengetahuan dan keahlian Debt Collection Agency Jakarta dalam menghadapi konsumen yang beragam.

 

4. Klien

Klien dari Debt Collection Agency juga sangat menentukan reputasi pihak tersebut. Apabila perusahaan tidak mengenal secara langsung Debt Collection Agency, maka sekurang-kurangnya perusahaan dapat menilai dari klien-klien yang pernah ditangani oleh Debt Collection Agency Jakarta tersebut. 

 

5.Penghargaan 

Penghargaan adalah pengakuan dari institusi tertentu atas prestasi dan kinerja dari Debt Collection Agency. Sangat disarankan perusahaan menunjuk Debt Collection Agency yang telah mendapatkan penghargaan dari institusi terpercaya sehingga reputasinya tidak diragukan.

 

6. Tim

Pastikan Debt Collection Agency memiliki tim internal yang solid, professional dan terlatih dalam melakukan penagihan piutang. Jangan sampai Debt Collection Agency tidak memiliki tim tetap, dan hanya menggunakan tim external (freelance) yang seringkali sulit dimintakan pertanggungjawaban.

 

7. Kantor dan Lokasi Yang Jelas 

Pastikan Debt Collection Agency Jakarta memiliki kantor yang nyata di lokasi yang jelas. Hal ini berguna untuk memastikan keberadaan Debt Collection Agency apabila terjadi sesuatu di kemudian hari. Jangan sampai perusahaan memilih atau menunjuk Debt Collection Agency yang hanya memiliki kantor virtual (virtual office) atau berada di lokasi yang sulit ditemukan. 

 

Debt Recovery Indonesia adalah layanan jasa dari kantor hukum / kantor advokat resmi untuk membantu banyak perusahaan baik dalam skala nasional maupun multinasional untuk melakukan penagihan piutang komersial secara praktis, aman dan legal dan memenuhi 7 kriteria di atas. Cara yang dilakukan oleh Debt Recovery Indonesia adalah dengan melakukan pendekatan personal dan juga legal dengan menjaga etika dan profesionalisme yang ketat sehingga tidak menimbulkan resiko lebih jauh buat perusahaan baik dari segi hukum maupun bisnis. 

Debt Recovery Indonesia telah berpengalaman lebih dari 17 tahun, dipercaya oleh lebih dari 400 klien dari perusahaan nasional dan multinasional dengan lebih dari 50.000 kasus penagihan yang telah ditangani, juga telah mendapatkan berbagai penghargaan di bidang Business Debt Collection. 

 

Cara yang dilakukan oleh Debt Recovery Indonesia terbukti mampu secara efektif mendorong debitur untuk membayarkan kewajibannya. Debt Recovery Indonesia akan memberikan solusi terbaik untuk perusahaan dalam melakukan penagihan piutang komersial. Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *